Senin, 04 April 2011

1. Bagaimana cara kerja mailing list ?

Mailing list merupakan pengembangan dari yahoo yang berbentuk group jadi jika ingin mengirim pesan harus terlebih dahulu masuk menjadi anggota group tersebut. untuk mengirimkan pesan atau data dalam bentuk digital. Pesan ini biasanya dikirim melalui medium internetcara kerja dari mailing list hamper sama dengan email hanya saja mailing list dalam bentuk group.

Cara kerja Mailing list:
Untuk menampilkan suatu berita atau pesan di mailing list agar dapat terhubung dengan alamat yang lain digunaka sebuah protocol (aturan) yaitu simple mail transfer protocol (SMPT) telah menjadi aturan dasar yang disepakati untuk pengiriman email. Demikian pula software email server pasti mendukung protocol ini. SMTP merupakan protocol yang digunakan untuk mengirim email (komunikasi antar mail server) dan tidak digunakan untuk berkomunikasi dengan client. Sedangkan untuk client, dgunakan protocol imap imaps pop3 pop3s.
Supaya mail server dapat diakses oleh client, dikembagkan sebuah aplikasi dimana client, dikembangkan sebuah aplikasi dimana client dapat mengakses email dari sebuah email server. IMAP merupakan sebuah aplikasi pada layer internet protocol yang memungkinkan client untuk mengakses email yang ada di server. Selain IMAP ada juga POP3 yang fungsinya sama dengan imap, akan tetapi memiliki kareteristik yang berbeda dalam cara pengaksesan pada server.
Untuk dapat melakukan tugasnya, sebuah mail server harus dapat melayani pengiriman berita atau pesan yang mempergunakan protocol SMPT serta harus mampu melayani client yang ingin mengakses berita/pesan dengan menyediakan IMAP dan atau POP3.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | Free Samples